Apa itu Online Marketing? Tujuan Dan Manfaatnya

Apa itu Online Marketing? Online marketing dalam bahasa Indonesia disebut sebagai pemasaran online. Ini adalah praktik meningkatkan saluran berbasis web. Dimana untuk menyebarkan pesan tentang merek, produk, atau layanan perusahaan kepada pelanggan potensial.

Metode dan teknik yang digunakan untuk online marketing meliputi email, media sosial, iklan bergambar, optimisasi mesin pencari (SEO), Google AdWords dan banyak lagi.

Tujuan Online Marketing

Tujuan pemasaran adalah untuk menjangkau pelanggan potensial. Tentunya melalui saluran di mana mereka melakukan aktivitas. Seperti membaca, mencari, berbelanja, dan bersosialisasi secara online.

Adopsi luas internet untuk bisnis dan penggunaan pribadi telah menghasilkan saluran baru untuk periklanan dan keterlibatan pemasaran. Termasuk yang disebutkan di atas.

Ada banyak manfaat dan tantangan yang melekat pada online marketing. Khususnya yang menggunakan media digital terutama untuk menarik, melibatkan, dan mengkonversi pengunjung virtual menjadi pelanggan.

Online marketing berbeda dari pemasaran tradisional, yang secara historis mencakup media seperti iklan cetak, papan reklame, televisi dan radio.

Sebelum saluran online marketing muncul, biaya untuk memasarkan produk atau layanan, sering kali sangat mahal, dan biasanya sulit untuk diukur. Pikirkan promosi melalui iklan TV nasional, yang diukur melalui kelompok fokus konsumen untuk menentukan tingkat pencitraan merek.

Metode-metode secara tradisional ini, juga tidak dapat mengaplikasikan eksperimen terkontrol.

Saat ini, siapa pun yang berkecimpung dalam bisnis online (dan juga sebagian besar bisnis offline) dapat berpartisipasi dalam pemasaran online. Salah satunya dengan membuat website dan membangun promosi akuisisi pelanggan. Tentunya dengan sedikit atau tanpa biaya.

Produk dan layanan pemasaran melalui online marketing, juga memiliki kemampuan untuk bereksperimen secara berkala. Berguna dalam optimasi untuk menyempurnakan efisiensi dan ROI promosi.

Baca juga: Tren Penting SEO 2020 Yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Online Marketing

Manfaat utama memasarkan bisnis atau produk melalui strategi online marketing adalah kemampuan untuk mengukur dampak dari setiap saluran yang digunakan. Serta, dapat melihat bagaimana pengunjung yang diperoleh berinteraksi dengan pengalaman situs web atau halaman arahan.

Dari pengunjung yang dikonversi menjadi pelanggan yang membayar, analisis lebih lanjut dapat dilakukan untuk menentukan saluran mana yang paling efektif dalam memperoleh pelanggan yang berharga.

Analytics untuk pengalaman web atau aplikasi seluler dapat membantu menentukan hal berikut:

  • Saluran online marketing mana yang paling hemat biaya dalam memperoleh pelanggan, berdasarkan tingkat konversi pengunjung ke pelanggan, dan biaya untuk mendatangkan pengunjung tersebut.
  • Saluran mana yang efektif untuk memperoleh dan mendorong nilai berkualitas dan berdampak panjang yang lebih tinggi bagi pelanggan – seperti pemasaran email, yang mendorong pembelian berulang ke pelanggan sebelumnya.
  • Kelompok pelanggan mana yang memperlihatkan perilaku keterlibatan yang kuat dan potensi tinggi untuk peningkatan – seperti perangkat lunak atau aplikasi seluler. Sehingga dapat menjual lebih banyak produk kepada pelanggan dengan keterlibatan tinggi.

Demikian gambaran singkat tentang apa itu online marketing. Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *